Supernova Akan Terjadi Bila Dua Bintang Bertabrakan

Supernova Akan Terjadi Bila Dua Bintang Bertabrakan

AstroZones - Supernova adalah berakhirnya hidup sebuah bintang maupun dua bintang dalam sebuah ledakan dahsyat. Hal ini terjadi karena dua bintang saling bertabrakan, maka akan menciptakan sebuah ledakan di alam semesta ini.

Pasangan bintang tersebut merupakan pasangan bintang katai putih, yaitu 'sisa' bintang yang ditinggalkan oleh bintang seperti Matahari saat menemui ajalnya. Bintang katai putih sangat kecil dan sangatlah mampat. Sisa-sisa lainnya membentuk cincin gas kosmik yang disebut planetari nebula.

Kalau digabungkan, bintang-bintang tersebut akan mengandung gas sebanyak kira-kira dua kali lipat yang ada di Matahari. Karena itu, pasangan bintang ini menjadi pasangan katai putih termasif yang pernah ditemukan. Sekelompok ilmuwan yang menemukan pasangan masif ini semula ingin memecahkan masalah lain.

Mereka ingin mencari penyebab mengapa sisa-sisa bintang terkadang tidak berbentuk cincin tetapi malah berbentuk aneh. Salah satu objek yang mereka selidiki adalah awan dalam ilustrasi ini. Para astronom tak sengaja melihat pasangan sekarat itu tersembunyi di jantung nebula.

Akan tetapi, pasangan bintang itu sebetulnya berkontribusi pada penyelidikan ilmiah, yaitu dengan mendukung teori bahwa bintang-bintang ganda bisa menyebabkan bentuk aneh pada sebagian nebula.

Katai putih adalah salah satu objek tertua di alam semesta karena merupakan tahap akhir siklus hidup sebagian besar bintang, termasuk Matahari, yang sebagaimana ditulis dalam laman langitselatan.com.

0 Response to "Supernova Akan Terjadi Bila Dua Bintang Bertabrakan"

Post a Comment

AstroZones adalah portal berita tentang luar angkasa dan berita sains, Anda dapat menyampaikan opini Anda maupun ide yang tentu tidak menyinggung SARA. Terima kasih telah memberi komentar.