Ternyata Evolusi Hewan Akan Semakin Besar Pada Tubuhnya

Ternyata Evolusi Hewan Akan Semakin Besar Pada Tubuhnya

AstroZones - Evolusi hewan ternyata akan nampak pada perubahan ukuran tubuhnya menjadi lebih besar dari masa ke masa. Para ilmuwan mengungkapkan ini adalah berdasarkan penelusuran garis keturunan hewan yang berkembang.

"Kami baru mengetahui bahwa dalam beberapa waktu sekarang, terungkap bahwa hewan terbesar yang hidup saat ini ternyata memiliki ukuran yang lebih besar dari hewan yang masih hidup atau berasal dari zaman pertama kali evolusi berlangsung," jelas Jonathan Payne, Salah seorang ahli sejarah biologi di Stanford School of Earth, Energy dan Lingkungan hidup.

Dilansir dalam laman Sciencedaily, Selasa (24/2/2015). Menurutnya, ukuran rata-rata hewan telah berubah dari waktu ke waktu, dan hal tersebut mencerminkan tren atau arah evolusi ukuran tubuh hewan.

"Ini bukan sesuatu yang bisa diketahui hanya dengan mempelajari organisme hidup atau ektrapolasi dari apa yang dilihat dalam skala waktu yang pendek. Karena hal tersebut akan membuat kesalahan tingkat penilaian dan mungkin juga arah atau garis keturunan," jelasnya.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan juga mengungkapkan bahwa selama 542 tahun terakhir, rata-rata ukuran hewan laut meningkat 150 kali lipat. Peneliti juga menemukan bahwa peningkatan ukuran tubuh terjadi sejak hewan pertama kali muncul dalam catatan fosil sekitar 550 juta tahun lalu.

"Alasan perubahan ukuran tubuh memang belum benar-benar bisa dimengerti, kelas atau garis keturunan dengan ukuran tubuh yang besar tampaknya menjadi alasan yang beragam," ungkap Payne.

Temuan ini juga bisa diharapkan bisa mendorong para ilmuwan lain untuk menyelidiki apakah ada kecenderungan lain dalam evolusi selanjutnya.

"Penemuan bahwa ukuran tubuh sering tidak berkembang dengan cara yang terarah, menjadi sebuah pertanyaan besar apakan peneliti melakukan penelitian dengan cara drectionality lain atau dengan ukuran yang sistematis," tutup Payne.

0 Response to "Ternyata Evolusi Hewan Akan Semakin Besar Pada Tubuhnya"

Post a Comment

AstroZones adalah portal berita tentang luar angkasa dan berita sains, Anda dapat menyampaikan opini Anda maupun ide yang tentu tidak menyinggung SARA. Terima kasih telah memberi komentar.