Kapal Selam Buatan NASA Untuk Jelajahi Planet Saturnus

Kapal Selam Buatan NASA Untuk Jelajahi Planet Saturnus

AstroZones - Baru-baru ini NASA diberitakan sedang mempersiapkan sebuah kapal selam otonom untuk menjelajah lautan di planet Saturnus Titan yang akan diluncurkan pada tahun 2040. Kapal tersebut mampu menjelajah sejauh 2.000 kilometer, selama misi 90 hari.

Kapal selam otonom akan diterbangkan tim NASA menuju Saturnus untuk menjelajah salah satu dari tiga laut hidrokarbon Titan. Otonom diklaim hadir dengan sistem yang sama seperti helikopter drone NASA, demikian dikutip lewat laman mirror.com.

Kapal selam dengan bobot mencapai satu ton ini akan bekerja dengan sistem drone yang difokuskan di dalam air, seperti layaknya Bumi. Namun, mengingat jarak jelajah yang mencapai miliran mil ini, misi yang dijalankan kapal kabarnya akan beroperasi secara mandiri.

"Transmisi langsung dalam jangkauan jarak satu miliar mil ke Bumi, membutuhkan antena yang besar. Dan hal ini akan akan diterapkan pada punggung kapal selam sebagai sirip planar bertahap array," jelas tim NASA dalam situs.

Sebelum menerbangkan kapal selam ini, para ilmuwan telah lebih dahulu menyelidiki tentang permukaan Titan yang cair melalui informasi yang ditangkap oleh Voyager 1 dan Probe 2. Selain itu juga, didapatkan dari teleskop luar angkasa Hubble dalam misis ruang angkasa Cassini.

Satelit alami ini juga kabarnya telah dikelilingi oleh atmosfer padat yang dikenal dengan danau titan, terdiri dari cairan etana, metana, dan propana dengan suhu kedalaman minum 179 derajat. Wilayah laut yang terdalam pada Titan adalah Kraken Mare yang memang menjadi target penjelajahan kapal selam otonom yang bekerja pada kedalaman antara 160 hingga 300 meter.

0 Response to "Kapal Selam Buatan NASA Untuk Jelajahi Planet Saturnus"

Post a Comment

AstroZones adalah portal berita tentang luar angkasa dan berita sains, Anda dapat menyampaikan opini Anda maupun ide yang tentu tidak menyinggung SARA. Terima kasih telah memberi komentar.